Senin, 23 Maret 2009

Perbedaan OLTP dengan OLAP

Online Transaction Processing atau yang sering disebut dengan OLTP adalah system yang berorientasi proses yang memproses suatu transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan [Nandang, 2004] Seperti misalanya kasir pada sebuah super market yang menggunakan mesin dalam proses transaksinya. Ini berbeda dengan OLAP (Online Analytical Processing) yang merupakan bagian dari Business Intelligencey yang berguna untuk menyediakan laporan analisis, seperti penjualan, marketing, BPM (Business Process Management), budgeting, forecasting, keuangan dan sebagainya. model multidimensi, yang mengijinkan query analisis yang kompleks dengan kecepatan eksekusi yang tinggi [PC Media, 2007].

Dengan dua sumber diatas, dapat kita ketahui jika OLTP dan OLAP adalah berbeda, walaupun sama – sama online. Dari segi pengertiannya saja dapat kita ketahui bahwa yang satu berorientasi proses dan yang satunya lagi berorientasi subjek. Seperti yang disampaikan [Devi Munandar, th tidak disebutkan] dalam makalahnya yang berjudul ”OLAP dan Terminologi Multi-Dimensional Database” yang menceritakan bahwa OLTP dan OLAP adalah suatu pernyataan yang bertolk belakang atau sangat kontras. Dimana dalam makalah tersebut juga disebutkan bahwa OLAP menggambarkan sebuah klas teknologi yang dirancang untuk analisa dan akses data secara khusus sedangkan OLTP mempunyai karakteristik beberapa user dapat creating, updating, retrieving untuk setiap record data, lagi pula OLTP sangat optimal untuk updating data.

Dari semua sumber yang ada dapat kita simpulkan bahwa OLTP dan OLAP itu berbeda jauh. Mungkin keduanya hanya sama – sama online dan keduanya sangat erat kaitannya dengan database ataupun data warehouse. OLTP merupakan suatu system yang berorientasi proses, yang berfungsi sebagai operasi harian dan datanya dapat di-edit, di-ganti, atau di-hapus. Sedangkan OLAP suatu system yang berorientasi subjek, yang fungsinya lebih diutamakan dalam mendukung pengambilan keputusan dalam data warehouse sehingga data – data disini bukanlah data yang bisa di-edit, di-ganti, atau di-hapus seperti data – data yang ada dalam OLTP. OLAP biasanya digunakan oleh manager dalam mencari suatu keputusan.